Mengatasi Toilet Bau dengan Pipa Venting dan Mini Vent/ AAV (Automatic Admittance Valve)

Dari mana sebenarnya asal bau tidak sedap di dalam toilet, padahal closet sudah bersih dan selalu disiram dengan banyak air. Masalah ini banyak dijumpai pada rumah pribadi, jika ini terjadi pada bangunan seperti Hotel pasti akan di komplain oleh penyewa.

Kita anggap tidak ada faktor bau dari luar semisal bangkai hewan, berarti jelas bau berasal dari gas kotoran di dalam pipa pembuangan. Ada beberapa lokasi yang harus diperiksa karena sering menjadi indikasi bau itu muncul yaitu floor drain dan koneksi closet dengan lantai. Gas bau di dalam pipa akan mencari jalan keluar karena sifatnya gas akan mencari tekanan yang lebih rendah. Dalam praktek instalasi perpipaan selalu dipasang Pipa Venting/ pipa ventilasi untuk mengalihkan gas bau tidak keluar di dalam kamar mandi.

Apa itu Pipa Venting?

Pipa Venting atau pipa ventilasi merupakan pipa vertikal yang terkoneksi pada sistem perpipaan fungsinya adalah untuk mengalirkan dan membuang udara yang terjebak pada jaringan perpipaan.

Pipa venting juga ditemukan pada septic tank untuk membuang gas bau dari kotoran yang terkumpul di dalamnya. Namun pipa venting jarang dipasang pada septic tank karena beberapa pertimbangan seperti estetika, bau di halaman dan ketakutan jika dimasuki oleh binatang.

Jika tidak dipasang konsekuensinya adalah gas bau akan mencari jalan di dalam pipa pembuangan dan keluar melalui celah seperti floor drain dan koneksi closet dengan lantai yang tidak baik.

Solusi Mengatasi Bau di Kamar Mandi

Untuk menghindari bau keluar pada jaringan pipa maka diperlukan perhatian khusus saat instalasi pipa buangan di kamar mandi di bawah ini adalah beberapa sistem perpipaan yang umum dilakukan pada instalasi pipa pembuangan.

1. Memasang pipa venting pada septic tank

Pipa venting dipasang pada septic tank sesuai dengan SNI 2398:2017. Gas kotoran manusia atau Biogas yang terakumulasi sangat mudah terbakar, oleh sebab gas tersebut harus dibuang. Jika kalian pernah mendengar septic tank atau gorong-gorong yang meledak, itu disebabkan oleh reaksi Biogas yang terkena api.

2. Memasang pipa venting pada pipa kloset

Pemasangan Pipa Venting pada Kloset

Pada prektek instalasi pipa pemasangan pipa venting tampak seperti pada gambar di atas garis warna hijau, dengan arti bahwa pipa venting tidak akan pernah teraliri air buangan. Pipa venting adalah pipa PVC biasa, diameter pipa venting adalah 2"-2,5". Saat diatas Plafond atau dibuang di luar bangunan diusahakan diproteksi dengan kawat ayam atau sejenisnya menghindari serangga masuk ke dalam pipa. Jika ingin aman, keluarkan pipa venting di atas plafon dan pasang AAV/ Mini Vent

3. Memasang Automatic Admittance Valve (AAV)/ Mini Vent

Pemasangan pipa venting yang menjulur ke atas seperti gambar 1 pada suatu daerah atau negara mungkin tidak memungkinkan seperti ada salju di sekitar atap rumah, atau takut dimasuki hewan. Maka di desainlah AAV ini atau sering disebut Mini Vent, alat ini bisa dipasang diujung pipa venting pada gambar diatas atau dipasang dekat dengan closet, wastafel. Bangunan komersil seperti villa, hotel umumnya dipasangi Mini Vent pada ujung pipa venting. AAV juga mencegah efek tekanan negatif dan tekanan positif.

Mini Vent untuk Mencegah Efek Tekanan Negatif dan Tekanan Positif

Hal ini kemungkinan terjadi pada bangunan bertingkat, seperti rumah lantai 2 atau gedung yang memiliki closet pada masing-masing lantai. untuk lebih jelasnya bisa disimak pada video youtube berikut.

4. Menggunakan Floor Drain Anti Bau

Ada banyak tipe floor drain anti bau di pasaran yang bisa anda pilih. selain anti bau floor drain ini bisa mencegah binatang serangga masuk ke kamar mandi melalui pipa pembuangan.

Kesimpulan

Bagi yang sudah terlajur belum memasang pipa venting, tidak mungkin kita bobok lantai dan dinding kamar mandi. Mungkin yang bisa dilakukan kalo memungkinkan mencari pipa yang menuju septic tank di halaman rumah, jika tidak memungkinkan maka memasang pipa venting pada septic tank dengan proteksi yang baik, selain itu bisa dengan mamasang floor drain anti bau.

1 komentar untuk "Mengatasi Toilet Bau dengan Pipa Venting dan Mini Vent/ AAV (Automatic Admittance Valve)"

  1. Selamat siang. permisi pak mau bertanya. Untuk pemasangan AAV apak harus dipasang setiap kamar mandi ? Saya sedang membangun kosan berlantai 3. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus

Jangan melakukan spam, memberi link, dan menggunakan kata kotor