Cara Memunculkan Base Map Quick Map Services di QGIS

Base Map tidak Muncul di Quick Map Services

Quick Map Serives merupakan pluggin QGIS yang menyediakan berbagai sumber Base Map untuk project spatial. Namun saat kita install sering sekali tidak muncul Base Map pada pilihan di QMS. Seharusnya tampilan Base Map yang tersedia seperti Gambar di bawah ini. Jika di Program QGIS kalian tidak muncul Base Map tersebut, silahkan ikuti tahapan yang ada di bawah untuk memunculkannya. Namun pastikan laptop kalian terhubung dengan Internet.

Ada dua cara untuk menampilkan Base Map ke dalam project kita.

1. Search QMS

Pilih Tab Web >> QuickMapServices >> selanjutnya pilih Search QMS >> Akan muncul pilihan di Kanan Layar >> Masukkan Base Map yang kalian inginkan misalkan Google Earth >> namun pastikan kalian terhubung ke Internet

Pada sisi Kanan akan muncul Dialog Search QMS, kalian bisa mengetik Base Map yang ingin dimasukkan misalnya Google Map, Google Earth, dan lain sebagainya. Tanda Titik Hijau pada sisi nama Base Map menandakan jika Link tersebut Available, dan tanda Merah menandakan sebaliknya, tentunya kalian pilih salah satu link dengan tanda titik berwarna Hijau dengan mengklik tombol "Add".

Setelah memilih Link Base Map dan sudah muncul di Kotak Layer sebelah kiri, kalian bisa menutup Kotak Dialog Search QMS di sebelah kanan.

2. Setting QMS

Pilih Tab Web >> QuickMapServices >> selanjutnya pilih Setting >> More Services >> Get Contribute Pack, Pastikan laptop terhubung dengan Internet

Setelah mengklik Setting maka akan muncul Kotak Dialog seperti Gambar di bawah ini, Selanjutnya pilih More Services dan Get Contribute Pack.

Saya sarankan untuk menggunakan cara yang kedua terlebih dahulu, karena sifatnya yang permanent.

2 komentar untuk "Cara Memunculkan Base Map Quick Map Services di QGIS"

Jangan melakukan spam, memberi link, dan menggunakan kata kotor