Tutorial QGIS: Menghitung Jumlah Point di dalam Polygon

Prolog

Adakalanya kita perlu menghitung berapa jumlah vector point yang ada di dalam vector polygon, seperti contoh kasus, ketika saya ingin menghitung berapa jumlah pelanggan air minum yang berada di dalam sebuah zona atau DMA (District Meter Area). Bayangkan jika kita memiliki ratusan bahkan ribuan titik pelanggan dan berada di puluhan atau ratusan zona wilayah pelayanan, tidak mungkin kita menghitungnya satu persatu.

Cara Menghitung Point di dalam Polygon

Perhatikan gambar di bawah ini pada kasus ini saya memiliki ribuan titik pelanggan yang berada di dalam 117 Blok. Dalam kasus ini Vector Point adalah Layer Data Pelanggan, sedangkan Vector Polygon adalah Layer Batas Blok. Sekarang saya akan menghitung berapa jumlah titik yang berada di dalam masing-masing blok.

1. Masuk ke Vektor dan pilih Analysis Tool lalu pilih Count Point in Polygon

2. Masukkan Layer Polygon, Layer Point, dan Beri Nama

Pada kasus ini Vector Point adalah Layer Data Pelanggan, sedangkan Vector Polygon adalah Layer Batas Blok. Nama Field saya biarkan sesuai default yaitu NUMPOINT. Selanjutnya klik RUN

3. Hasilnya akan muncul di Layer Baru sebelah kiri

Layer baru tersebut penggabungan antara layer batas blok dengan penambahan Field baru yaitu NUMPOINT. Namun ingat layer ini masih temporary atau belum di save.

Jika kita buka Attribute table layer tersebut maka akan muncul Field dengan nama NUMPOINT, seperti Gambar berikut.

4. Cara Export Layers

Layer terebut bersifat sementara atau temporary, jadi perlu di export atau di save as, dengan cara berikut.

Pastikan extension file yang dipilih adalah ENSRI Shapefile, pastikan juga lokasi pengimpanan, pastikan CRS yang digunakan, sesuaikan dengan project, dan selanjutnya klik OK.

Posting Komentar untuk "Tutorial QGIS: Menghitung Jumlah Point di dalam Polygon "