Cara Menggunakan Diagram Moody Untuk Menentukan Friction Factor

Dalam menghitung nilai head loss mayor (kehilangan tekanan) untuk aliran air di dalam pipa terdapat beberapa formula, salah satunya adalah formula Darcy-Waisbach. Penggunaan formula Darcy-waisbach memerlukan beberapa parameter antara lain panjang pipa, kecepatan pipa, diameter pipa dan friction factor.

Parameter untuk nilai friction factor perlu dicari terlebih dahulu sebelum bisa masuk ke formula Head loss. Metode yang umum digunakan untuk mencari nilai Friction Factor adalah dengan menggunakan Diagram Moody yang diturunkan dari metode Colebrook. Diagram Moody merupakan kurva untuk mencari nilai faktor gesekan (friction factor) yang didapat dari hubungan antara nilai kekasaran relatif pipa (relative roughness) dengan Bilangan Reynold.

Seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya, terdapat perbedaan formula Darcy-Waisbach dengan Hazen-William, bahwa formula Darcy-Waisbach bisa dipakai untuk jenis fluida selain air dan fluida yang karakteristiknya berubah berdasarkan kekentalan, temperatur, dll. Berbeda dengan formula Hazen-William yang diperuntukkan bagi fluida air dengan temperatur ruangan. Sebab itulah formula Darcy-Waisbach ini sangat penting bagi perencanaan pirpipaan.

Keterangan Diagram Moody

Untuk dapat menentukan friction factor maka perlu mengetahui keterangan dari nilai yang tertera pada kurva/ diagram. Berikut merupakan keterangan kurva

  1. Sebelah kanan Diagram merupakan kekasaran relatif pipa (simbol epsilon) yang dicari dengan rumus e/D (relative roughness dibagi diameter pipa)
  2. Sebelah bawah merupakan Bilangan Reynold untuk aliran turbulen
  3. Sebelah kiri adalah Friction factor (faktor gesekan) yang akan dicari nilainya

Perlu diingat bahwa Bilangan Reynold harus disesuaikan dengan Keterangan yang diberikan pada kurva yaitu bilangan pangkat 10 dengan bentuk umum yaitu a x 10b, jika dibaca menjadi a kali sepuluh pangkat b. Angka a harus dalam bilangan satuan, jika semisal bilangan reynold yang didapat adalah 1065000 sesuaikan menjadi 1,065x10^6. atau contoh lain bil. Reynold 250400 menjadi 2,5x10^5. contoh lain bil. Reynold 36504 menjadi 3,65x10^4

Contoh:

Koefisien Kekasaran Relatif Pipa diketahui 0,002 dan Bilangan Reynold didapat 250000 berapa Friction Faktor-nya?

Jawab:

Bil. Reynold = 250000 berarti 2,5 x 10^5 sedangkan Relatif Roughness 0,002

Masuk ke Diagram Moody:

Keterangan:

  1. Garis warna merah merupakan Relative Roughness pilih 0,002
  2. Garis warna biru adalah Bil. Reynold cari angka 10^5 setelah itu cari 2,5 dan tarik ke atas
  3. Pertemuan Kedua garis (biru muda) ditarik ke kiri maka didapat nilai 0,024

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Diagram Moody Untuk Menentukan Friction Factor"