Mengenal Tarif Listrik PDAM

PLN menerapkan tarif listrik berdasarkan golongan pelanggan. Misalkan Golongan R untuk Pelanggan Rumah Tangga, Golongan Bisnis untuk pelanggan seperti Perusahaan, Toko, sedangkan Golongan Industri untuk pelanggan Industri. Dalam hal ini PDAM masuk ke Golongan Industri 3, kenapa Industri? karena ada proses pengolahan air.

Apa yang membedakan setiap Golongan Pelanggan Tersebut? PLN mempunyai kebijakan dalam perhitungan tarif pelanggan pada setiap Golongan. Seperti contoh PDAM yang masuk ke dalam Golongan Industri 3 (I3), Perhitungan tarif untuk golongan ini berdasarkan pada:

  1. Konsumsi Daya Listrik Waktu Beban Puncak (WBP), Luar Waktu Beban Puncak (LWBP)
  2. Daya KVAR
  3. Pajak

Konsumsi Daya Listrik WBP dan LWBP

PLN akan menghitung berapa konsumsi daya perbulan dengan satuan kWH, besaran daya bisa dilihat pada rekening listrik yaitu stand akhir dikurangi stand awal, namun yang membedakan dengan Tarif Rumah Tangga adalah konsumsi litrik Golongan I3 dibatasi oleh jam operasi yang dibagi menjadi WBP dan LWBP. Tarif listrik jika dikonsumsi pada WBP lebih mahal jika dikonsumsi pada LWBP, umumnya lebih mahal 50% dari tarif LWBP. Waktu Beban Puncak adalah pada jam 04.00-08.00 dan 17.00-22.00, sedangkan LWBP adalah di luar dari jam tersebut. Jadi jika operasional PDAM sering bekerja di WBP tentu biaya listrik juga semakin besar.

Konsumsi Daya KVAR

Daya KVARh selalu diistilahkan sebagai Denda. Hal ini disebabkan karena pada operasionalnya lebih banyak menggunakan Arus Induksi karena peralatan seperti motor listrik pompa. Tarif KVARh ini umumnya hampir sama dengan tarif saat LWBP, namun konsumsinya biasanya lebih besar. Maka dari itu setiap industri yang menggunakan peralatan yang bersifat induktif selalu menjaga KVARh ini dengan memperbaiki Faktor Daya.

Pajak

PDAM juga dikenai pajak penerangan jalan sebesar 3% dari total biaya yang harus dibayar

Dari seluruh penjelasan di atas ada baiknya jika PDAM mengetahui apakah selama ini membayar denda atau tidak, dengan cara menagih rekening PLN yang komplit. Berikut salah satu contoh rekening listrik PDAM yang komplit.

Posting Komentar untuk "Mengenal Tarif Listrik PDAM"