Tutorial Program QGIS dan QEpanet Part 2: Membuat Jaringan Perpipaan Air Minum

Apa itu QEpanet

QEpanet merupakan sebuah plugin pada program QGIS. Seperti diketahui bahwa Epanet merupakan program komputer yang berfungsi untuk melakukan simulasi hidrolis pada jaringan perpipaan air minum. Begitu juga QEpanet, kita dapat melakukan desain jaringan perpipaan layaknya EPanet, yang menjadi keuntungan bekerja dengan QEpanet adalah kita menggambar pada peta berkoordinat sebagai Backdrop project kita, jadi secara otomatis elemen seperti panjang dan elevasi akan secara otomatis terimput.

Bekerja dengna QEpanet

Berikut video tutorial menggunakan QEpanet


Pada video ini merupakan lanjutan dari Video Part 1 sebelumnya yaitu membuat jaringan perpipaan dengan QGIS dan QEpanet. Konten dari video ini adalah: 1. Cara membuka file SHP 2. Bekerja dengan QEpanet 3. Membuka file .INP melalui Program Epanet Desktop

2 komentar untuk "Tutorial Program QGIS dan QEpanet Part 2: Membuat Jaringan Perpipaan Air Minum"

  1. pak, kena di qgis saya membuka plugin Qpanet hanya bisa membuat junction. setelah membuat pipa, lsg error qgisnya. dan file inp(epanet) lsg rusak. tpi file Qgis tetap normal. apakah pengaruh karena project epanet yg saya kerjakan terletas di Zona 49S dan 49N (Kabupaten Sekadau Hilir)
    mohon solusinya pak whidi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas coba pakai Zona UTM 49N saja. Saya juga sedang mencari caranya. Karena kadang saat kita menarik Node atau Pipa ikut menarik Layer di bawahnya yang menyebabkan geometry tipenya beruba dari Line menjadi multiline.

      Hapus

Jangan melakukan spam, memberi link, dan menggunakan kata kotor