Tutorial QGIS: Cara Memberi Warna Yang Berbeda Pada Vektor Line/ Garis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial pada program QGIS yang sangat penting yaitu memberikan warna yang berbeda pada vektor garis (line) untuk projek kita. Vector Line merupakan salah satu tipe vektor pada QGIS yang digunakan untuk membuat elemen peta digital seperti As Jalan, jaringan perpipaan, jalur kabel dan sebagainya yang terbentuk dari satu atau beberapa garis. Selain vector line terdapat juga vector point/ titik, dan vector polygon.

Dalam pengerjaan peta digital pasti akan terdapat banyak sekali elemen berupa vektor line yang digunakan dan memiliki properties yang berbeda-beda. Contoh saja saat mendesain jaringan perpipaan, tentunya akan ada properties pipa yang berbeda seperti diameternya, jenis pipa, tipe pipa dan sebagainya, dan sangat mungkin untuk memberikan warna yang berbeda sesuai dengan properties yang diinginkan. Sebut saja kita ingin memberikan warna garis yang berbeda sesuai dengan diameter pipa, hal tersebut sangat memungkinkan dilakukan di QGIS dan akan mempermudah user dalam mengetahui properties element tersebut tanpa harus membuka tabel properties.

Tahapan Mengganti Warna sesuai dengan Diameter Pipa

Pada contoh ini menggunakan file yang bisa kalian lihat di video di LINK ini.

1. Arahkan mouse ke menu layers dan pilih jaringan pipa, selanjutnya klik kanan dan pilih properties atau bisa langsung dengan klik 2 kali di layer jaringan pipa.

2. Pilih Symbology dan pada tipe simbol pilih Categorized. Biasanya secara default akan berada pada posisi Single Symbol

3. Selanjutnya pilih Value yang diinginkan pada contoh kali ini adalah Diameter Pipa, setelah memilih value silahkan klik Classify.

4. Maka akan muncul diameter yang sudah kita buat sebelumnya. Kita bisa melakukan Delete pada garis yang tidak diperlukan seperti garis paling bawah.

5. Terakhir jika ingin mengganti warna garis secara manual silahkan Klik 2 kali pada Garis yang diinginkan dan akan muncul Pop Up pengaturan warna dan sillahkan pilih warna sesuka kalian. Jika sudah maka Klik tombol Apply dan Ok

Kita tidak hanya bisa mengganti warna berdasarkan diameter, jika kita memiliki data di table properties selain diameter maka kita bisa menggunakannya sebagai referensi dalam memberikan warna seperti kategori pipa, atau panjang pipa dan sebagainya seperti pada poin no. 3 di atas.

Posting Komentar untuk "Tutorial QGIS: Cara Memberi Warna Yang Berbeda Pada Vektor Line/ Garis"